Prihatin, Slamet and , Drs. Joko Santoso, M.Ag. (2013) Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Dengan Permaianan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B Di TKIT Lentera Hati Wedi Klaten Tahun Ajaran 2012– 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (600kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (6kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (302kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuanmembacaawal dengan permainan kartu huruf pada anak kelompok B di TKIT Lentera Hati Wedi Klaten tahun ajaran 2012 2013. Sebelum di berikan tindakan, kemampuan membaca awal kurang dan guru sudah mengupayakan alternative pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan membaca awal anak. Solusi yang di tawarkan dalam penelitian ini adalah penelitian ini adalah dengan menggunakan metode permainan kartu huruf.Subyek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B di TKIT Lentera Hati Wedi Klaten yang berjumlah 27 anak. Teknik pengumpulan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini di lakukan melalui dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini di harapkan melalui metode permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca awal pada anak kelompok B di TKIT Lentera Hati Wedi Klaten tahun ajaran 2012/2013 meningkat minimal 76% dari 27 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca awal anak kelompok B di TKIT Lentera Hati Wedi Klaten melalui metode permainan kartu huruf. Sebelum tindakan sampai siklus II yaitu :sebelum tindakan ada 4 anak ( 41,48 % ), dan siklus I 18 anak (61,48 %), dan siklus II 24 anak (76% ). Kesimpulan peneliti ini adalah melalui metode permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak kelompok B di TKIT Lentera Hati Wedi Klaten tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca , permainan kartu huruf. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Apr 2013 07:13 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 02:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23704 |
Actions (login required)
View Item |