Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Dengan Permaianan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B Di TKIT Lentera Hati Wedi Klaten Tahun Ajaran 2012– 2013

Prihatin, Slamet and , Drs. Joko Santoso, M.Ag. (2013) Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Dengan Permaianan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B Di TKIT Lentera Hati Wedi Klaten Tahun Ajaran 2012– 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (600kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuanmembacaawal dengan permainan kartu huruf pada anak kelompok B di TKIT Lentera Hati Wedi Klaten tahun ajaran 2012 2013. Sebelum di berikan tindakan, kemampuan membaca awal kurang dan guru sudah mengupayakan alternative pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan membaca awal anak. Solusi yang di tawarkan dalam penelitian ini adalah penelitian ini adalah dengan menggunakan metode permainan kartu huruf.Subyek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B di TKIT Lentera Hati Wedi Klaten yang berjumlah 27 anak. Teknik pengumpulan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini di lakukan melalui dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini di harapkan melalui metode permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca awal pada anak kelompok B di TKIT Lentera Hati Wedi Klaten tahun ajaran 2012/2013 meningkat minimal 76% dari 27 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca awal anak kelompok B di TKIT Lentera Hati Wedi Klaten melalui metode permainan kartu huruf. Sebelum tindakan sampai siklus II yaitu :sebelum tindakan ada 4 anak ( 41,48 % ), dan siklus I 18 anak (61,48 %), dan siklus II 24 anak (76% ). Kesimpulan peneliti ini adalah melalui metode permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak kelompok B di TKIT Lentera Hati Wedi Klaten tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca , permainan kartu huruf.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2013 07:13
Last Modified: 28 Oct 2021 02:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23704

Actions (login required)

View Item View Item