Irawati, Iisrohli and , Dra. Siti Zuhriah Ariatmi, M.Hum (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan dan Minat Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas IV SDN 2 Barenglor Semester 2 dengan Pendekatan Kontekstual dan Media Pembelajaran Balon Misterius Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (377kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (467kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan Kontekstual dan media Balon Misterius dapat meningkatkan kemampuan dan minat menulis teks deskripsi pada siswa kelas IV SD N 2 Barenglor Klaten Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subyek penelitian adalah guru dan siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil refleksi digunakan sebagai dasar untuk menyusun rencana tindakan selanjutnya. Dengan pendekatan kontekstual dan media pembelajaran balon misterius permasalahan dalam pembelajaran sedikit demi sedikit dapat di atasi. Kemampuan dan minat menulis siswa dapat meningkat. Pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual menerapkan tujuh komponen yaitu kontruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, menggunakan model, refleksi dan penilaian sebenarnya. Sedangkan Balon misterius adalah media pembelajaran yang berupa balon yang diisi dengan potongan-potongan kertas untuk memberikan pertanyaan ataupun petunjuk tentang teks deskripsi. Jumlah porsentase Ketuntasan belajar siswa meningkat dari setiap tindakan. Dari data tersebut dapat kita ketahui porsentase kenaikan nilai dari 13, 3 % siswa yang memenuhi KKM, kemudian pada siklus pertama pertemuan pertama 33, 3%, pada siklus pertama pertemuan kedua 50%, pada siklus kedua pertemuan pertama 66, 6 % siswa dan pada siklus kedua pertemuan kedua hingga mencapai 80%. Data tentang minat dapat kita ketahui porsentase kenaikan nilai dari 13, 3 % siswa yang memenuhi KKM, kemudian pada siklus pertama pertemuan pertama 33, 3%, pada siklus pertama pertemuan kedua 50%, pada siklus kedua pertemuan pertama 66, 6 % siswa dan pada siklus kedua pertemuan kedua hingga mencapai 80%. Jumlah porsentase minat menulis siswa juga meningkat dari pra siklus 23% yang minat terhadap pembelajaran menulis, kemudian pada siklus pertama pertemuan pertama 33,3%, pada siklus pertama pertemuan kedua 40%, pada siklus kedua pertemuan pertama 50% siswa dan pada siklus kedua pertemuan kedua hingga mencapai 80%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan kontekstual, balon misterius, menulis teks deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 18 Apr 2013 06:23 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 13:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23698 |
Actions (login required)
View Item |