Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Eksperimen Tentang Perpindahan Energi Listrik Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas VI SDN 2 Kragilan Gantiwarno Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Rahayuningsih, Sri and , Dra. Siti Zuhriah Ariatmi, M.Hum (2013) Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Eksperimen Tentang Perpindahan Energi Listrik Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas VI SDN 2 Kragilan Gantiwarno Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (579kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Dengan pendekatan Eksperimen diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang Perpindahan Energi Listrik pada siswa kelas IV SDN 2 Kragilan Gantiwarno Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013.(2) Dengan strategi pembelajaran Eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas IV pada SDN 2 Kragilan Gantiwarno Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. (3) Dengan pendekatan Eksperimen dapat mengatasi kesulitan belajar siswa tentang Perpindahan Energi Listrik mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 2 Kragilan, Gantiwarno, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013.Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki, 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data meggunakan observasi, tes lisan, wawancara, Teknik analisis data menggunakan teknik analisis komparatif.Hasil penelitian adalah: (1) Metode eksperimen terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 2 Kragilan, Gantiwarno, Klaten pada Tahun Pelajaran 2012/2013. Dari hasil pengamatan, hasil belajar sebelum perlakuan tindakan rata-rata hasil belajar 62,07, rata-rata pada siklus I 71,2 sedang rata-rata pada siklus II 79,4. Ketuntasan belajar mengalami kenaikan yang signifikan. Ketuntasan belajar pada kondisi awal 27,27%, pada siklus I 73,3% sedangkan pada siklus II 80%. Kenaikan ketuntasan belajar pada kondisi awal ke siklus I mengalami kenaikan 40,03%, sedangkan kenaikan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II 6,7%. (2)Dengan metode eksperimen dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VI SDN 2 Kragilan, Gantiwarno, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013 dalam memperhatikan penjelasan guru pada kondisi awal 53%, siklus I 85%, siklus II 86,7%. Aktif bertanya pada kondisi awal 6%, siklus I 20%, siklus II 33,3%. Aktif mengemukakan pendapat pada kondisi awal 6%, siklus I 33,3%, siklus II 75,3%. Aktif menjawab pertanyaan pada kondisi awal 20%, siklus I 40%, siklus II 73,3%. Aktif bekerja sama dalam kelompok pada kondisi awal 0%, siklus I 80%, siklus II 93,3%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Peningkatan Aktifitas Pembelajaran IPA, Metode Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2013 06:05
Last Modified: 24 Oct 2021 13:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23695

Actions (login required)

View Item View Item