Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Perbedaan Sederhana Melalui Media Alat Peraga Konkrit Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Talang, Bayat, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Lestari, Sri and , Drs. H. Sutan Syahrir Zabda, M.Hum (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Perbedaan Sederhana Melalui Media Alat Peraga Konkrit Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Talang, Bayat, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (357kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal perbedaan sederhana pada kelompok B TK Pertiwi Talang Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013, Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B TK Pertiwi Talang yang berjumlah 22 anak. Data tentang mengenal perbedaan dikumpulkan melalui observasi. Sedangkan data mengenai penerapan media alat peraga konkrit dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan mengenal perbedaan sederhana melalui media alat peraga konkrit. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata hasil mengenal perbedaan anak dalam satu kelas sebelum tindakan (Pra Siklus) 36,93%, Siklus I 59,85%, dan Siklus II 84,85% . Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui media alat peraga konkrit dapat meningkatkan kemampuan mengenal perbedaan sederhana anak kelompok B TK Pertiwi Talang Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/ 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan Sederhana, Media Alat Peraga konkrit
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2013 05:42
Last Modified: 28 Oct 2021 01:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23691

Actions (login required)

View Item View Item