Wulandari, Tri Retno and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Strategi Card Sort pada Matapelajaran IPA Siswa Kelas IV MI M Janti Polanharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (298kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (292kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk meningkatkan motivasi belajar melalui strategi Card sort pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MIM Janti Polanharjo (2) untuk meningkatkan hasil belajar melalui strategi Card sort pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MIM Janti Polanharjo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV MI M Janti Polanharjo. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu redusi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV melalui strategi Card sort. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase indikator pencapaian motivasi belajar siswa . Adapun aspek motivasi meliputi; aspek tekun mengerjakan tugas dari pra siklus( 31,81%), siklus I (40,09%) dan siklus II (77,27%), aspek aktif bertanya dari pra siklus (18,81%), siklus I (27,72%) dan siklus II (81,81%), aspek aktif berdiskusi dari pra siklus (22,72%), siklus I (40,09%) dan siklus II (77,27%), aspek semangat dalam proses pembelajaran dari pra siklus (27,72%), siklus I (36,36%) dan siklus II (86,36%). Selain motivasi belajar , hasil belajar juga meningkat dari pra siklus sebesar(31,81%) kemudian meningkat pada siklus I (50%), karena belum memenuhi target maka diadakan siklus II yang menunjukkan peningkatan sebesar 82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalai strategi Card sort dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, strategi Card sort |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 18 Apr 2013 05:48 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 12:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23690 |
Actions (login required)
View Item |