Ferryka, Putri Zudhah and , Dra. Siti Zuhriah Ariatmi, M.Hum (2013) Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pada Materi Energi Panas Dengan Metode Eksperimen Siswa Kelas IV SDN 4 Barenglor Klaten Utara Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (511kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (437kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pada materi energi panas dengan metode eksperimen siswa kelas IV SDN 4 Barenglor Klaten Utara Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013 (2) mendiskripsikan keaktifan siswa dalam pembelajaran pada materi energi panas dengan metode eksperimen siswa kelas IV SDN 4 Barenglor Klaten Utara Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV dan guru selaku teman sejawat. Jumlah siswa pada kelas IV SDN 4 Barenglor ada 42 siswa terdiri dari 25 siswa perempuan dan 17 siwa laki-laki. Teknik validitas data menggunakan Trianggulasi sumber. Teknik analisa data menggunakan analisa model interaktif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus yaitu siklus I dan II dengan tehnik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Sebelum diadakan tindakan atau prasiklus hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dalam pembelajaran rendah, dari 42 siswa hanya 21 (50%) siswa yang nilainya diatas KKM (nilai KKM nya 75) dan aktif dalam pembelajaran. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini dilihat dari unsur hasil belajar dan aktivitas belajar. Pada siklus I diharapkan 70% siswa nilainya diatas KKM, pada siklus kedua meningkat menjadi 80% siswa di bawah KKM serta aktif dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunkan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan observasi serta refleksi. Setelah adanya tindakan pada siklus I, keaktifan siswa dan hasil belajar meningkat. Pada siklus pertama siswa yang mendengarkan penjelasan guru hanya 33 (79%) siswa namun pada siklus kedua meningkat menjadi 39 siswa (95%), tentang aktif bertanya, pada siklus satu hanya ada 26 (62%) siswa, pada siklus kedua meningkat menjadi 36, 86% siswa sudah berani bertanya. Aspek mengemukakan pendapat meningkat dari 24 (57%) siswa menjadi 34 siswa, 81%. Aspek yang keempat yaitu keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan, pada siklus kedua 93% siswa sudah mampu menjawab pertanyaan, dari siklus pertama ada 30 (71%) siswa meningkat menjadi 39 (93%) siswa pada siklus kedua. Aspek kerjasama dalam siklus pertama hanya 35 (83%) siswa yang mau bekerjasama dengan temannya, pada siklus kedua meningkat menjadi 41 (98%). Siswa yang nilainya di bawah KKM ada 13 (30%) siswa pada siklus pertama. Jumlah siswa yang nilainya di bawah KKM pada siklus dua ini berjumlah 6 (14%). Hipotesis tindakan yang menyatakan “Metode eksperimen mampu meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas IV SDN 4 Barenglor tahun pelajaran 2012/2013 pada materi energy panas” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, hasil belajar, metode eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 17 Apr 2013 12:25 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 12:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23683 |
Actions (login required)
View Item |