Pengembangan Tanggung Jawab Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Wanglu Trucuk Klaten Tahun 2012/2013

Tugiyem, Tugiyem and , Dra. Surtikanti, S.H, M.Pd. and , Aryati Prasatyarini, M.Pd. (2013) Pengembangan Tanggung Jawab Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Wanglu Trucuk Klaten Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_halaman_depan.pdf

Download (368kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (740kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan tanggung jawab anak kelompok B di TK Pertiwi Wanglu Trucuk Klaten Tahun 2012/2013 dengan menggunakan metode pemberian tugas. Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subyek penelitian adalah guru dan anak kelompok B di TK Pertiwi Wanglu Tahun 2012/2013 yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 13 putra dan 7 putri. Indikator dalam penelitian ini adalah : bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, membersihkan dan merapikan peralatan, menggunakan bahan – bahan dengan cara yang benar, dan menjaga barang milik orang lain dan umum. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan, antara lain : menjumlahkan skor yang dicapai anak pada setiap butir amatan, membuat tabulasi skor observasi, menghitung prosentase perkembangan, dan membandingkan hasil prosentase pencapaian setiap anak dengan prosentase keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian ini adalah : Prasiklus 25% (5 anak), Siklus I 55% (11 anak) dan Siklus II 80 % (16 anak). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode pemberian tugas dapat mengembangkan tanggung jawab anak kelompok B di TK Pertiwi Wanglu Tahun 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tanggung jawab, metode pemberian tugas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2013 11:21
Last Modified: 27 Oct 2021 07:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23673

Actions (login required)

View Item View Item