Marthonah, Marthonah and , Dra. Surtikanti, S.H. M.Pd. (2013) Pengembangankemampuan Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri Dengan Menggunakan Puzzle Bolapada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak ABA Sabranglor Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (181kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (344kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri melalui penggunaan puzzle bola pada anak kelompok A Taman Kanak-kanak ABA Sabranglor Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013pada pembelajaran kognitif.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian adalah 24 anak Taman Kanak-kanak ABA Sabranglor Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten pada semester 2Tahun Pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan puzzle bola pada anak kelompok A Taman Kanak-kanak ABA Sabranglor dalam pembelajaran kognitif dapat mengembangkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri. Pengembangan dalam hasil pembelajaran sebelum dilakukan tindakan yang sudah mencapai sebanyak 5 anak (20,8%) pada tindakan siklus I menjadi 13 anak (54%),kemudian pada tindakan siklus II berkembang lagi menjadi 19 (79,2%). Pengembangan kemampuan anak mengenal bentuk-bentuk geometri pada siklus I sebanyak 33,2% dari pra siklus,sedangkan pada siklus II sebanyak 25,2 % dari siklus I. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Puzzle Bola dapat mengembangkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri pada anak Kelompok A Taman Kanak-kanak ABA Sabranglor Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | geometri, puzzle bola |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 17 Apr 2013 10:52 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23668 |
Actions (login required)
View Item |