Prabawa, Hidayta and , Dra. Siti Zuhriah Ariatmi, M.Hum (2013) Upaya Peningkatan Kemampuan Mengembangkan Paragraf deskripsi dengan Metode Think Pair Share pada Siswa Kelas IV SD N I Kokosan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (258kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (321kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dalam hal meningkatkan kemampuan mengembangkan paragraf deskripsi pada siswa kelas IV SD Negeri I Kokosan tahun ajaran 2012/2013 dengan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model siklus. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi Penelitian Tindakan Kelas dengan langkah-langkah menyusun perencanaan, mengadakan tindakan, melakukan pengamatan atau observasi, melaksanakan analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah observasi langsung dan penugasan. Keberhasilan kegiatan peneliti dilihat dari kenaikan nilai rata-rata menulis paragraf deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan metode Think Pair Share dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan hasil menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas IV SD N I Kokosan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa yaitu, sebelum siklus I rata-rata siswa adalah 57,86. Setelah siklus I rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 61,43 dan setelah siklus I atau pada siklus II rata-rata nilai menulis paragraf deskripsi siswa menjadi 71,43.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Paragraf deskripsi, Think Pair Share (TPS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 17 Apr 2013 11:04 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 12:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23667 |
Actions (login required)
View Item |