Supartini, Eny and , Dr. Hj. Darsinah, SE, M.Si (2013) Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Dengan Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B TK Kebak 01 Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (477kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI.pdf Download (442kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak dengan metode bercerita melalui boneka tangan di Taman Kanak-Kanak Kebak 01 Kebakkramat, Karanganyar. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan media boneka tangan dimana jumlah subyek penelitian 16 anak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan teman seprofesi serta kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dekriptif komparatif sedangkan untuk teknik analisis pembelajaran guru menggunakan model analisis interaktif Dari hasil penelitian ini menunjukkan ada pengembangan kemampuan berbahasa anak yaitu sebelum tindakan 40,62%, kemudian berkembang menjadi 61,56% pada siklus I dan berkembang menjadi 84,8% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan metode bercerita dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berbahasa, metode bercerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Apr 2013 07:09 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23666 |
Actions (login required)
View Item |