Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Memahami Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Siswa Kelompok B TK Giriwondo 01 Jumapolo Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Sularmi, Sularmi and , Aryati Prasetyarini, M.Pd. (2013) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Memahami Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Siswa Kelompok B TK Giriwondo 01 Jumapolo Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (335kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan kemampuan memahami konsep penjumlahan dan pengurangan anak di Taman Kanak-Kanak Giriwondo 01 Jumapolo, Karanganyar. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode demonstrasi untuk mengembangkan kemampuan memahami konsep penjumlahan dan pengurangan dimana jumlah subyek penelitian 16 anak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan teman seprofesi serta kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis komparatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan ada pengembangan kemampuan motorik halus anak anak yaitu sebelum tindakan 45,83% di kondisi pra siklus menjadi 63,28% di siklus I dan akhirnya sebesar 84,11% di siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan metode demonstrasi dapat mengembangkan kemampuan memahami konsep penjumlahan dan pengurangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan memahami konsep penjumlahan dan pengurangan, metode demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2013 12:35
Last Modified: 27 Oct 2021 07:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23657

Actions (login required)

View Item View Item