Widyaningsih, Mitasari and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd. (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depam)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (63kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
03._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (986kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta yang berjumlah 31siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model-model analisis interaktif yang terdiri dari sajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Aktivitas Belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi pesawat sederhana. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya Aktivitas Belajar siswa dalam pelajaran IPA. Peningkatan Aktivitas Belajar tersebut terlihat dalam 3 indikator yaitu aktif bertanya sebelum ada tindakan 3,23%, pada siklus I 64,52%, dan pada siklus II mencapai 79,03%; aktif menjawab pertanyaan sebelum ada tindakan 29,03%, siklus I 70,97%, dan pada siklus II mencapai 90,32%; aktif mengerjakan soal di depan kelas sebelum ada tindakan 35,48%, siklusI 74,19%, dan pada siklus II mencapai 85,48%.Selain peningkatan Aktivitas Belajar siswa, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum ada tindakan daya serap siswa sebesar 35,48%, pada siklus I dan siklus II telah mencapai KKM sebesar 100%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Ajaran 2012 / 2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Cycle 7E, Aktivitas Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2013 11:24 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23647 |
Actions (login required)
View Item |