Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 03 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Rahayu, Sri and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 03 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (510kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (696kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA melalui penerapan strategi Small Group Discussion pada siswa kelas V SD N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan cara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar yang berjumlah 19 siswa.Prosedur penelitian ini meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dokumentasi dan wawancara.Untuk mendukung validitas data digunakan teknik triangulasi.Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik.Triangulasi sumber data adalah diperoleh dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan.Triangulasi teknik digunakan untuk pengumpulan data observasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data.Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan penerapan strategi Small Group Discussion. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar dalam proses pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 sesuai indikator yang diterapkan. Sebelum diadakan penelitian tindakan kelas hasil belajar siswa sebelumnya 31,57% sedangkan keaktifan siswa rata-rata 28,94%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 63,15% (mengalami peningkatan 31,58%) sedangkan keaktifan siswa pada pertemuan I mencapai rata-rata 42,10% dan pada pertemuan II mencapai rata-rata 64,03%. Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 84,21% (mengalami peningkatan sebesar 21,06%) sedangkan keaktifan siswa pada pertemuan I mencapai rata-rata 72,80% dan pertemuan II mencapai 87,71%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Small Group Discussion dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, strate gi Small Group Discussion
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2013 11:17
Last Modified: 31 Oct 2021 07:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23645

Actions (login required)

View Item View Item