Rahayu, Sri and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 03 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (510kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (696kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA melalui penerapan strategi Small Group Discussion pada siswa kelas V SD N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan cara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar yang berjumlah 19 siswa.Prosedur penelitian ini meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dokumentasi dan wawancara.Untuk mendukung validitas data digunakan teknik triangulasi.Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik.Triangulasi sumber data adalah diperoleh dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan.Triangulasi teknik digunakan untuk pengumpulan data observasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data.Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan penerapan strategi Small Group Discussion. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar dalam proses pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 sesuai indikator yang diterapkan. Sebelum diadakan penelitian tindakan kelas hasil belajar siswa sebelumnya 31,57% sedangkan keaktifan siswa rata-rata 28,94%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 63,15% (mengalami peningkatan 31,58%) sedangkan keaktifan siswa pada pertemuan I mencapai rata-rata 42,10% dan pada pertemuan II mencapai rata-rata 64,03%. Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 84,21% (mengalami peningkatan sebesar 21,06%) sedangkan keaktifan siswa pada pertemuan I mencapai rata-rata 72,80% dan pertemuan II mencapai 87,71%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Small Group Discussion dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, strate gi Small Group Discussion |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2013 11:17 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23645 |
Actions (login required)
View Item |