Jannah, Uma Sita Miftakhul and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd. (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Pkn Melalui Metode Permainan Ular Tangga Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jenggrik Iv Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (914kB) |
|
|
PDF (BAa I)
04._BAB_I.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (Bab III)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (630kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar PKn melalui metode permainan ular tangga pada siswa kelas IV SD Negeri Jenggrik IV Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru kelas sebagai pelaku tindakan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Masing-masing siklus ini terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai pelaku tindakan dan siswa kelas IV SD Negeri Jenggrik IV selaku subjek yang dikenai tindakan. Dalam penelitian tersebut teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, yang salah satu modelnya adalah teknik analisis interaktif. Analisis data ini terdiri dari 3 komponen yakni reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian pada pra siklus motivasi belajar sebesar 41,22%. Kemudian setelah diterapkan dengan menggunakan metode permainan ular tangga pada siklus I motivasi belajar meningkat sebesar 64,03% dan pada siklus II sebesar 82,45%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode permainan ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Jenggrik IV Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode permainan ular tangga, motivasi belajar PKn. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2013 11:09 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23644 |
Actions (login required)
View Item |