Puspitarini, Dyah Ayu and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri Sendangagung 2 Rembang Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (307kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (649kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (641kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (293kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri Sendangagung 2 melalui strategi pembelajaran LSQ (Learning Start With A Question). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Sendangagung 2 yang berjumlah 20 siswa. Prosedur penelitian meliputi dialog awal, identifikasi siswa, perencanaan solusi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, evaluasi, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang terlihat dalam 5 indikator; yaitu respon siswa pada kegiatan apersepsi, memperhatikan penjelasan guru, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan dan menyampaikan pendapat. Indikator respon siswa pada kegiatan apersepsi meningkat dari siklus I 45% menjadi 75% di siklus II. Indikator memperhatikan penjelasan guru meningkat 70% di siklus I menjadi 82,5% di siklus II. Indikator mengajukan pertanyaan di siklus I sebesar 57,5% meningkat menjadi 80% di siklus II. Indikator menjawab pertanyaan meningkat dari 52,5% di siklus I menjadi 75% di siklus II. Sedangkan indikator menyampaikan pendapat meningkat dari 42,5% di siklus I menjadi 75% di siklus II. Dengan meningkanya keaktifan siswa ini, berdampak pula pada peningkatan hasil belajar siswa yaitu tingkat ketuntasan belajar pra siklus hanya mencapai 55% atau 11 siswa, kemudian pada siklus I mencapai 14 siswa atau 70%, dan meningkat pada siklus II mencapai 18 siswa atau 90%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran LSQ (Learning Start With A Question) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas IV SD Negeri Sendangagung 2 tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan belajar, strategi learning start with a question |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2013 10:38 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23640 |
Actions (login required)
View Item |