Peningkatan Pemahaman Sifat-Sifat Bangun Datar Melalui Strategi Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas V SDN Bakaran Kulon 01 Juwana Pati Tahun Ajaran 2012/2013

Pujiyartiningsih, Ita and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Pemahaman Sifat-Sifat Bangun Datar Melalui Strategi Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas V SDN Bakaran Kulon 01 Juwana Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (604kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (738kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penerapan strategi pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran mempengaruhi pemahaman materi pada siswa. Hal ini akan menciptakan keberhasilan belajar dengan tercapainya hasil belajar yang optimal.Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman sifat-sifat bangun datar melalui strategi pembelajaran group investigation pada siswa kelas V SDN Bakaran Kulon 01 Juwana Pati. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian terdiri atas siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data komparatif dan kritis serta analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman sifat-sifat bangun datar ditunjukkan melalui peningkatan jumlah siswa yang memiliki nilai tuntas KKM ≥ 70. Hal ini ditunjukkan pada data saat kondisi pra siklus hanya 10 % dari 30 siswa yang memiliki nilai tuntas KKM. Pada siklus I jumlah siswa tuntas KKM menjadi 60 % dan pada siklus II sebanyak 80 % siswa tuntas KKM. Hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi pembelajaran group investigation dapat meningkatkan pemahaman sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V SDN Bakaran Kulon 01 Juwana Pati.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman sifat-sifat bangun datar, group investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2013 09:35
Last Modified: 24 Oct 2021 12:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23637

Actions (login required)

View Item View Item