Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Strategi Direct Reading Thinking Activities (DRTA) Pada Kelas V SD Negeri Nogosari 2 Tahun Pelajaran 2012/2013

Rohmah,, Ervi Fathur and , Dr. Samino, M.M. (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Strategi Direct Reading Thinking Activities (DRTA) Pada Kelas V SD Negeri Nogosari 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (412kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 2 Nogosari melalui penerapan strategi Direct Reading Thinking Activities. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Nogosari yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model-model analisis interaktif yang terdiri dari sajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan 2 (dua) siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi pembelajaran DRTA (Direct Reading Thinking Activities) pada materi membandingkan dua teks. Hasil penelitian hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 40% atau sebanyak 12 siswa mendapatkan nilai ≥ 65(KKM) dari 30 siswa, pada pelaksanaan siklus I meningkat sebesar 60% atau sebanyak 16 siswa mendapatkan nilai ≥ 65(KKM), dan pada pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan sebesar 83,3% atau sebanyak 25 siswa mendapatkan nilai ≥ 65(KKM). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Strategi Pembelajaran DRTA (Direct Reading Thinking Activities) dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di SD Negeri 2 Nogosari Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran DRTA, Kemampuan Membaca dan Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2013 08:20
Last Modified: 31 Oct 2021 07:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23631

Actions (login required)

View Item View Item