Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Melalui Penggunaan Strategi Picture And Picture Pada Siswa Kelas V SDN Kayen 02 Tahun 2013

Suryani, Nani and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Melalui Penggunaan Strategi Picture And Picture Pada Siswa Kelas V SDN Kayen 02 Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (379kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (434kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan strategi picture and picture. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN. Kayen 02 semester 2tahun pelajaran 2012/2013. Adapun jumlah siswa kelas V sebanyak 23 siswa (12 putra, 11 putri). Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berasal dari data yang diperoleh melalui tes tertulis. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa dan kegiatan guru selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar IPA dari pra siklus sebesar 39 %, siklus I naik menjadi 61 % dan siklus II naik menjadi 82 %. Untuk mengetahui aktivitas siswa melalui strategi picture and picture digunakan indikator aktivitas belajar siswa sebagai pedoman guru antara lain memperhatikan apa yang disampaikan guru, menjawab pertanyaan dari guru, mengerjakan LKS yang diberikan guru, bekerja sama dengan teman satu kelompok, dan mengambil keputusan dari semua jawaban yang dianggap paling benar. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi picture and picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar siswa, strategi picture and picture
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2013 07:09
Last Modified: 24 Oct 2021 12:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23626

Actions (login required)

View Item View Item