Peningkatan Aktivitas Belajar IPS Melalui Penerapan Strategi Power Of Two Di Kelas V SDN Badegan 02 Pati Tahun 2013

Yuliati, Eri and , Drs. SUWARNO, SH, M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar IPS Melalui Penerapan Strategi Power Of Two Di Kelas V SDN Badegan 02 Pati Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (361kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (Bab III)
05_.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (380kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan penerapan Stategi Power of Two pada siswa kelas V SD Negeri Badegan 02 Pati tahun 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan penerapan Stategi Power of Two yang dilakukan beberapa siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Badegan 02 Pati. ,sedangkan obyek yang di gunakan adalah kualitas pembelajaan IPS dan penerapan Strategy Power Of Two. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumen, dan wawancara. Tehnik analisis data yang digunakan analisis deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Siklus I rata-rata keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran cukup yaitu 61 % menjadi 69 % pada siklus II dalam criteria baik, dalam proses pembelajaran juga meningkatkan aktivitas siswa, siklus I siswa memperoleh 65% dalam kategori cukup, siklus II diperoleh 72% dengan kategori baik, hasil belajar siswa juga meningkat sesuai analisis data diketahui nilai rata-rata ulangan terjadi peningkatan pada siklus I 70, siklus II 75. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan Stategi Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Saran bagi guru Stategi Power of Two dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas siswa, pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2013 06:10
Last Modified: 03 Nov 2021 06:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23624

Actions (login required)

View Item View Item