Kurniawati, Irma and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Siswa dengan Menerapkan Strategi Team Game Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD N 04 Binangun. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_JUDUL.pdf Download (457kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) |
||
PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._naskah_publikasi.pdf Download (461kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 04Binangun Wonosobo pada pokok bahasan Bangun Datar dan Bangun Ruang. penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Binangun Wonosobo tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 25 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team-Games-Turnamen (TGT). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Siklus pertama membahas pokok bahasan Bangun Datar dan siklus kedua tentang Bangun Ruang. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran matematika berlangsung dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa, angket respon siswa, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dari lembar observasi keaktifan dan angket respon siswa dianalisis dengan menghitung persentase dari keseluruhan aspek yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) menunjukkan bahwa rata-rata seluruh aspek keaktifan belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 04 Binangun Wonosobo pada pokok bahasan Bangun Datar dan Bangun Ruang mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase lembar observasi keaktifan belajar siswa untuk tiap siklus, yaitu pada siklus I keaktifan siswa sebesar 61,78% untuk siklus II sebesar 74,67%. Selain itu hasil dari angket respon siswa terhadap pembelajaran juga meningkat yaitu sebesar 65% pada siklus I dan sebesar 79% pada siklus II.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | team game turnamen, keaktifan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 15 Apr 2013 12:08 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23620 |
Actions (login required)
View Item |