Rozie, Ibnu (2008) ANALISIS PENGARUH DISPLAY, SIGNAGE, DAN IN-STORE MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO LUWES LOJIWETAN SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
B100020240.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
||
|
PDF
B100020240.pdf Download (101kB) |
Abstract
Perkembangan bisnis retail di Indonesia menstimulus para peritel agar mampu mengikuti permainan bisnis yang semakin kompetitif terutama dalam menarik simpati konsumen yang semakin selektif. Berbagai jurus digunakan untuk memenangkan permainan, salah satunya adalah dengan memaksimumkan material dari POP Advertising yang terdiri dari Display, Signage, IN-Strore Media di dalam toko Luwes Lojiwetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Point of Purchase (POP) Advertising (Display, Signage dan In Store Media ) terhadap Keputusan Pembelian pada toko Luwes Loji Wetan. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen yang berbelanja di toko Luwes Lojiwetan dengan menggunakan 100 responden sebagai sampel. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas), uji statistik (uji t, uji F dan koefisien determinasi). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dari uji t diperoleh temuan bahwa Display, Signage dan In Store Media berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen sehingga hipotesis pertama penelitian ini diterima. Sedangkan variabel yang paling dominan dalam penelitian ini adalah variabel Display sehingga hipotesis ketiga penelitian ini di tolak. Dari hasil uji F bahwa secara F hitung sebesar 26,463 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 <0,05 yang berarti Display, Signage dan In Store Media berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen atau dapat dikatakan model regresi fit sehingga hipotesis kedua penelitian ini diterima. Dan nilai koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,659 atau sebesar 65,9 %. Artinya bahwa 65,9% variasi variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Display, Signage dan In Store Media sedangkan sisanya 34,1 % dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam model.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Point of Purchase (POP) Advertising, Keputusan Pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 10 Jun 2009 05:39 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 23:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2362 |
Actions (login required)
View Item |