Peningkatan kreativitas siswa melalui metode Student Fasilitator And Exsplaining (SFE) pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Ganten, Kerjo, Karanganyar 2012/2013

Indriyawati, Susi and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan S.H, M.Pd (2013) Peningkatan kreativitas siswa melalui metode Student Fasilitator And Exsplaining (SFE) pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Ganten, Kerjo, Karanganyar 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (425kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naaskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (345kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Peningkatan kreativitas siswa melalui metode Student Fasilitator And Exsplaining (SFE) pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Ganten, Kerjo, Karanganyar 2012/2013”. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan setiap siklusnya dua kali pertemuan. Setiap pertemuan dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD N 01 Ganten yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model alur yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Student Fasilitator and Exsplaining (SFE) dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD N 01 Ganten tahun pelajaran 2012-2013. Hal ini dapat dilihat dari 1) sering bertanya kepada guru sebelum tindakan sebesar 17,36% diakhir putaran mencapai 60,76% 2) bekerja sendiri saat mengerjakan tugas sebelum tindakan mencapai 47,74% dan di akhir putaran mencapai 73,78% 3) menghargai keindahan sebelum tindakan sebesar 30,38% dan di akhir putaran mencapai 82,46% 4) mengajukan pemikiran sebelum tindakan sebesar 13,03% dan di akhir putaran mencapai 52,08%. Hasil belajar siswa meningkat di setiap siklus terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan hasil belajar yang memenuhi KKM sebanyak 7 siswa ( 30,5%) dengan nilai rata-rata siswa sebesar 57,17 pada siklus I hasil belajar yang memenuhi KKM sebanyak 11 siswa (47,74%) dengan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 64,56 dan pada siklus II hasil belajar yang memenuhi KKM sebanyak 20 siswa (86,8%) dengan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76,08 Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Student Fasilitator and Exsplaining (SFE) dapat meningkatkan kreativitas pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD N 01 Ganten, Kerjo, Karanganyar 2012-2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran student fasilitator and exsplaining (SFE), kreativitas siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 15 Apr 2013 11:40
Last Modified: 31 Oct 2021 07:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23619

Actions (login required)

View Item View Item