Isnaini, Khoirina Nur and , Dra. Sri Hartini, M.Pd. (2013) Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SD Negeri Banyuagung I Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (437kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (148kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses penerapan strategi dex Card Match (2) untuk meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri Banyuagung I. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. S an adalah siswa kelas V SD Negeri Banyuagung I Surakarta yang berjumlah 44 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawa cara dan dokumentasi. Hasil penelitian Ini Subyek penerima tindakan menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Index Card Match. Hal ini dapat terlihat dari hasilpengamatan minat belajar siswa sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Sebelum adanya tindakan siswa yang memiliki rasa senang dalam belajar sebanyak 31,82%, perhatian siswa dalam belajar sebanyak 36,36%, kemauan siswa dalam memberikan tanggapan guru dan siswa lain sebanyak34,09%, dan ketertarikan siswa dalam mengerjakan latihan soal sebanyak 40,91% meningkat pada siklus I: siswa yang memiliki rasa senang dalam belajar sebanyak 43 ,61%, perhatian siswa dalam belajar sebanyak 51,64%, kemauan siswa dalam memberikan tanggapan guru atau siswa lain sebanyak 47,04%, dan siswa yangmemiliki daya tarik dalam mengerjakan latihan soal sebanyak 6,26%,meningkatpada siklus II: siswa yang memiliki rasa senang dalam belajar sebanyak 70,19%,perhatian siswa dalam belajar sebanyak 70,17%, kemauan siswa dalam memberikan tanggapan guru atau siswa lain sebanyak 72,46%, dan siswa yangmemiliki daya tarik dalam mengerjakan latihan soal sebanyak 78,23%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Index Card Match dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Index Card Match, Minat belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 15 Apr 2013 11:32 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23618 |
Actions (login required)
View Item |