Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SD Negeri Banyuagung I Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013

Isnaini, Khoirina Nur and , Dra. Sri Hartini, M.Pd. (2013) Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SD Negeri Banyuagung I Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (437kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses penerapan strategi dex Card Match (2) untuk meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri Banyuagung I. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. S an adalah siswa kelas V SD Negeri Banyuagung I Surakarta yang berjumlah 44 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawa cara dan dokumentasi. Hasil penelitian Ini Subyek penerima tindakan menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Index Card Match. Hal ini dapat terlihat dari hasilpengamatan minat belajar siswa sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Sebelum adanya tindakan siswa yang memiliki rasa senang dalam belajar sebanyak 31,82%, perhatian siswa dalam belajar sebanyak 36,36%, kemauan siswa dalam memberikan tanggapan guru dan siswa lain sebanyak34,09%, dan ketertarikan siswa dalam mengerjakan latihan soal sebanyak 40,91% meningkat pada siklus I: siswa yang memiliki rasa senang dalam belajar sebanyak 43 ,61%, perhatian siswa dalam belajar sebanyak 51,64%, kemauan siswa dalam memberikan tanggapan guru atau siswa lain sebanyak 47,04%, dan siswa yangmemiliki daya tarik dalam mengerjakan latihan soal sebanyak 6,26%,meningkatpada siklus II: siswa yang memiliki rasa senang dalam belajar sebanyak 70,19%,perhatian siswa dalam belajar sebanyak 70,17%, kemauan siswa dalam memberikan tanggapan guru atau siswa lain sebanyak 72,46%, dan siswa yangmemiliki daya tarik dalam mengerjakan latihan soal sebanyak 78,23%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Index Card Match dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Index Card Match, Minat belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 15 Apr 2013 11:32
Last Modified: 31 Oct 2021 07:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23618

Actions (login required)

View Item View Item