Charmanita, Ika Apriliani and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/.2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (209kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_JURNAL_ILMIAH.pdf Download (75kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui strategi pembelajaran Think Pair Share bagi siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngemplak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngemplak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data digunakan dengan analisis yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mengalami peningkatan yaitu: 1) peningkatan keaktifan siswa yang meliputi: a) peningkatan keaktifan perhatian siswa ketika mendengarkan penjelasan guru pada kondisi awal sebanyak11 siswa (55%), 14 siswa (70%) pada siklus I, 18 siswa (90%) pada siklus II. b) siswa yang aktif dalam berdiskusi pada kondisi awal sebanyak 10 siswa (50%), 12 siswa (60%) pada siklus I, 19 siswa (95%) pada siklus II. c) siswa yang aktif mengajukan pertanyaan pada kondisi awal sebanyak 8 siswa (40%), 11 siswa (55%) pada siklus I, 17 siswa (85%) pada siklus II. d) keaktifan siswa saat menjawab pertanyaan pada kondisi awa sebanyak 8 siswa (40%), 10 siswa (50%) pada siklus I, 15 siswa (75%) pada siklus II. e) keaktifan siswa saat mengemukakan pendapat pada kondisi awal sebanyak 5 siswa ( 25%), 9 siswa (45%) pada siklus I, 15 siswa (75%) pada siklus II. 2) peningkatan hasil belajar yaitu sebelum adanya tindakan kelas hasil belajar siswa yang diatas KKM sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (45%), 13 siswa (65%) pada siklus I, dan 17 siswa (85%) pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajara Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan strategi Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | think pair share, keaktifan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 15 Apr 2013 11:18 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23616 |
Actions (login required)
View Item |