Rahmawati, Risa Kasih and , Dr. Samino, M.M. (2013) Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Pkn Melalui Strategi Learning Start With A Question Pada Siswa Kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (667kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (119kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta melalui strategi pembelajaran Learning Start With A Question. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta yang berjumlah 39 siswa. Prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan, identifikasi siswa, perencanaan solusi masalah, pelaksanaan tindakan, observasi dan monitoring, refleksi, evaluasi, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn yang terlihat dalam 4 indikator; yaitu mengajukan pertanyaan, menjawab petanyaan atau mengerjakan soal, mengemukakan pendapat, membuat kesimpulan. Indikator mengajukan pertanyaan meningkat dari siklus I 82% menjadi 87% pada siklus II. Indikator menjawab petanyaan/mengerjakan soal siklus I 69% meningkat pada siklus II menjadi 82%. Indikator selanjutnya mengemukakan pendapat pada siklus I 72% meningkat menjadi 82% pada siklus II. Dan pada indikator membuat kesimpulan dari siklus I 77% meningkat pada siklus II menjadi 85%. Selain peningkatan indikator partisipasi, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu tingkat ketuntasan belajar para siklus hanya mencapai 49% atau 19 siswa, kemudian pada siklus I mencapai 30 siswa atau 77%, dan meningkat pada siklus II mencapai 36 siswa atau 92%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Learning Start With A Question dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV A SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning start with a question, partisipasi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 15 Apr 2013 11:02 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23615 |
Actions (login required)
View Item |