Hartini, Indah and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Metematika Melalui Strategi Peer Lesson Dengan Alat Peraga Uang Mainan Pada Siswa Kelas IV SDN Pajang 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (589kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (857kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pokok bahasan uang dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran peer lesson dengan alat perag uang mainan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Obyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV Sd negeri pajang 1 yang berjumlah 46 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, metode tes dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan uang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang : 1) Mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 76,08%, 2) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 32 % dan setelah tindakan 76,63%, 3) Mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 76,63%, 4) aktif berdiskusi dengan kelompoknya 37% dan setelah tindakan 79,89%. Hasil belajar siswa dengan metode tes juga menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan siswa yang mencapai nilai 70 sebanyak 7 siswa (15,21%), setelah tindakan sebanyak 33 siswa (71,73%). Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran peer lesson dengan alat perag uang mainan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika khususnya pokok bahasan uang.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, peer lesson, uang mainan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Apr 2013 10:50 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23614 |
Actions (login required)
View Item |