Hidayat, Ahmad Sarifudin and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2013) Penerapan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Pemahaman Isi Wacana Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Jipangan II Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (122kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Meningkatkan pemahaman isi wacana melalui penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) siswa kelas V SD Negeri Jipangan II Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Jipangan II Banyudono yang berjumlah 18 siswa(9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan). Obyek penelitian ini adalah pemahaman isi wacana dan model Cooperative Integrated Reading and composition (CIRC). Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokementasi dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik tiangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang berupa informasi dari guru, dan siswa tentang tindakan yang diterapkan. Triangulasi metode digunakan untuk mengumpulkan data dari hasil observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman isi wacana. Hal ini dapat dilihat dari tahap sebelum tindakan diperoleh rata-rata siswa adalah 57,27 dan jumlah siswa yang mencapai KKM (≥65) adalah 5 siswa atau 27,77%. Pada siklus I rata-rata nilai meningkat menjadi 68,8 dan jumlah siswa yang mencapai KKM (≥65) adalah 12 siswa atau 66.66%, dan pada siklus II ratarata nilai meningkat menjadi 76,61 sedangkan jumlah siswa yang mencapai KKM (≥65) adalah 16 siswa atau 88.89%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan pemahaman isi wacana pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman isi wacana, model cooperative integrated reading and composition (CIRC) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Apr 2013 10:39 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23613 |
Actions (login required)
View Item |