Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Tim Kuis (Quiz Team) Pada Siswa Kelas IV SDN Talun 02 Tahun Pelajaran 2012/2013

Indratari, Nanik and , Drs. Suwarno, M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Tim Kuis (Quiz Team) Pada Siswa Kelas IV SDN Talun 02 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
ABSTRAK.pdf

Download (547kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (404kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS melalui penerapan strategi pembelajaran quiz team. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru SDN Talun 02 pada tanggal 27 Januari 2013. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subyeknya Siswa kelas IV SDN Talun 02 yang berjumlah 21 siswa dan obyeknya adalah keaktifan belajar siswa serta strategi quiz team.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan bahan ajar. Indikator keaktifan belajar IPS adalah sebagai berikut:(1) kehadiran siswa dalam pelaksanaan pembelajaran; (2) perhatian siswa terhadap penjelasan guru; (3) kerjasamanya dalam kelompok; (4) kemampuan siswa mengemukakan pendapat dalam kelompok; (5) mendengarkan dengan baik ketika teman lain berpendapat Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan teknik analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Talun 02 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi quiz team. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui keaktifan belajar siswa rendah dengan presentase 40%. Pada siklus I terdapat keaktifan belajar siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase keaktifan belajar siswa 52% dan pada siklus II keaktifan belajar siswa sangat baik dengan presentase 80%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan keaktifan belajar bagi siswa dengan penerapan strategi pembelajaran quiz team.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, keaktifan belajar IPS, strategi quiz team
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2013 09:59
Last Modified: 03 Nov 2021 06:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23612

Actions (login required)

View Item View Item