Wulan, Septawati and , Drs.Rubino Rubiyanto (2013) Upaya Meningkatkan Keberanian Bertanya Dalam Pelajaran IPS Melalui Strategi Learning Starts With A Question Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sumbersari 01 Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.Pdf.pdf Download (248kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._Bab_I.Pdf.pdf Download (165kB) |
|
PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
PDF (Bab III)
05._Bab_III.Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
||
PDF (Bab V)
07._Bab_V.Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.Pdf.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (939kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.Pdf.pdf Download (467kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian bertanya dalam pelajaran IPS melalui strategi Learning Starts With a Question.Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Sumbersari 01 yang berjumlah 19 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Tehnik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik uji validitas data menggunakan catatan observasi yang berupa chek list dan tes yang berupa pilihan ganda dan uraian. Teknik analisis data dengan cara deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana pembelajaran. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keberanian bertanya siswa dalam pelajaran IPS. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan skor keberanian bertanya siswa dalam pelajaran IPS yang meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata prosentase keberanian bertanya siswa dalam pelajaran IPS sebesar 61,6 % atau 10 siswa saja yang berani bertanya. Sedangkan pada siklus II rata-rata prosentase keberanian bertanya siswa pada pelajaran IPS sebesar 82 % atau 15 siswa yang berani bertanya pada pelajaran IPS. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan strategi Learning Starts With a Question mampu meningkatkan keberanian bertanya siswa dalam pelajaran IPS.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keberanian bertanya siswa dalam pelajaran IPS, Strategi Learning Starts With a Question |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 15 Apr 2013 09:47 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 06:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23611 |
Actions (login required)
View Item |