Masykuri, Ali and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Modeling The Waypada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MIM Bekangan Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (416kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan berbicara bahasa indonesia melalui penerapan model pembelajaran Modeling The Way. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V MIM Bekangan yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki – laki, dan 15 siswa perempuan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi, dokumentasi, tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan berbicara Bahasa Indonesia pada materi Drama. Indikator pencapaian peningkatan yaitu sekurang-kurangnya 70% siswa memperoleh nilai ≥ KKm yaitu ≥ 70, sekurang-kurangnya 70% dari 23 siswa yaitu sekitar 16 anak mengalami peningkatan ketrampilan berbicara dalam Bahasa Indonesia. Peningkatan ketrampilan berbicara dalam Bahasa Indonesia dengan hasil belajar tes unjuk kerja siswa yang diperoleh data pada prasiklus sebanyak 9 siswa atau sebesar 39,13% mengalami ketuntasan, siklus I sebanyak 16 siswa atau sebesar 69,56% mengalami ketuntasan, pada siklus II prosentase ketuntasan yang diperoleh sebanyak 20 siswa atau sebesar 86,97%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan Modeling The Way dapat meningkatkan ketrampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas V MIM Bekangan tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modeling The Way, Ketrampilan berbicara, Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Apr 2013 08:51 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 06:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23607 |
Actions (login required)
View Item |