Apriliya, Diana and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Media Lagu Di Kelas 4 SD Negeri Nayu Barat 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (961kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (657kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri Nayu Barat I Surakarta dengan penerapan penggunaan media lagu pada pembelajaran bahasa Inggris. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Nayu Barat I Surakarta yang berjumlah 30 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, lembar unjuk kerja dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa yang dapat dilihat dari peningkatan indikatorindikator keterampilan berbicara yang mencakup: 1) Pronunciation (Pengucapan) sebelum tindakan 43,33%, siklus I 50,00%, siklus II 76,66%. 2) Grammar (Tata Bahasa) sebelum tindakan 33,33%, siklus I 40,00%, siklus II 76,66%. 3) Vocabulary (Kosakata) sebelum tindakan 56,66%, siklus I 63,33%, siklus II 90,00%. 4) Fluency (Kelancaran) sebelum tindakan 43,33%, siklus I 50,00%, siklus II 76,66%. 5) Comprehension (Pemahaman) sebelum tindakan 33,33%, siklus I 40,00%, siklus II 76,66%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan media lagu dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV pada pembelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Nayu Barat I Surakarta tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara, Media Lagu. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Apr 2013 08:21 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 06:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23605 |
Actions (login required)
View Item |