Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Media Lagu Di Kelas 4 SD Negeri Nayu Barat 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Apriliya, Diana and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Media Lagu Di Kelas 4 SD Negeri Nayu Barat 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (961kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (657kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri Nayu Barat I Surakarta dengan penerapan penggunaan media lagu pada pembelajaran bahasa Inggris. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Nayu Barat I Surakarta yang berjumlah 30 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, lembar unjuk kerja dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa yang dapat dilihat dari peningkatan indikatorindikator keterampilan berbicara yang mencakup: 1) Pronunciation (Pengucapan) sebelum tindakan 43,33%, siklus I 50,00%, siklus II 76,66%. 2) Grammar (Tata Bahasa) sebelum tindakan 33,33%, siklus I 40,00%, siklus II 76,66%. 3) Vocabulary (Kosakata) sebelum tindakan 56,66%, siklus I 63,33%, siklus II 90,00%. 4) Fluency (Kelancaran) sebelum tindakan 43,33%, siklus I 50,00%, siklus II 76,66%. 5) Comprehension (Pemahaman) sebelum tindakan 33,33%, siklus I 40,00%, siklus II 76,66%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan media lagu dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV pada pembelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Nayu Barat I Surakarta tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Media Lagu.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2013 08:21
Last Modified: 31 Oct 2021 06:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23605

Actions (login required)

View Item View Item