Septiana, Erin and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar Ipa Melalui Media Science Education Quality Improvement Project (SEQIP) Pada Siswa Kelas VI Sdn Tlogoayu Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (723kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (152kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (653kB) |
Abstract
Tujuan khusus Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas belajar Mata Pelajaran IPA melalui media SEQIP (Science Education Quality Improvement Project) bagi siswa Kelas VI SD Negeri Tlogoayu Kabupaten Pati Tahun ajaran 2012/2013. Jenis peneitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus dan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Tlogoayu dengan jumlah siswa 24. Subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dibantu oleh guru kelas. Objek pelaksanaan tindakan adalah aktivitas kelas dengan media SEQIP (Science Education Quality Improvement Project). Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunkan yaitu kualitatif. Data kualitatif adalah data yang bersifat deskriptif, keterangan, informasi, kata-kata bukan bersifat angka. Hasil penelitian ini adalah menunjukan hasil peningkatan aktivitas siswa dalam belajar IPA melalui media pembelajaran aktif SEQIP(Science Education Quality Improvement Project) hal ini dapat dilihat dari: 1) aktif menjawab pertanyaan 16,66%, siklus I 33,33%, siklus II 58,33%. 2) aktif mengajukan pertanyaan dari guru 37,5%, siklus I 50%, siklus II 66,66%, 3) Nilai hasil ulangan meningkat atau nilai > 70 sebelum tindakan 37,5%, siklus I 45,83%, siklus II 87,5%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari pencapaian nilai KKM ≥ 70 sebelum tindakan 29,16%, siklus I 45,83%, siklus II 87,50%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan media pembelajaran aktif SEQIP (Science Education Quality Improvement Project) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI SDN Tlogoayu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas belajar, Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Apr 2013 08:00 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 06:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23604 |
Actions (login required)
View Item |