Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Dengan Menggunakan Media Teks Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 1 Kendel, Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Susanti, Nunik and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Dengan Menggunakan Media Teks Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 1 Kendel, Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (681kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kendel, Boyolali dengan penggunaan media Teks Cerita pada pembelajaran bahasa Indonesia. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kendel, Boyolali yang berjumlah 31 siswa, obyek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, lembar unjuk kerja dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan memahami isi bacaan siswa yang dapat dilihat dari peningkatan indikatorindikator kemampuan memahami isi bacaan yang mencakup: 1) Ketepatan membaca sesuai dengan intonasi yang baik sebelum tindakan 41,93%, siklus I 58,07%, siklus II 80,65%. 2) Kemampuan menerapkan tanda baca pada saat membaca yang baik sebelum tindakan 38,71%, siklus I 54,84%, siklus II 77,42%. 3) Ketepatan dalam mengajukan pertanyaan yang baik sebelum tindakan 48,39%, siklus I 61,29%, siklus II 87,04%. 4) Kemampuan menjawab pertanyaan sesuai dengan bacaan yang baik sebelum tindakan 51,61%, siklus I 64,52%, siklus II 83,87%. 5) Kemampuan menyimpulkan isi dari suatu bacaan yang baik sebelum tindakan 41,93%, siklus I 58,07%, siklus II 77,42%. 6) Kemampuan menentukan topik dari bacaan yang baik sebelum tindakan 48,39%, siklus I 64,52%, siklus II 80,65%. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 65,32 dengan ketuntasan belajar sebesar 48,39%, siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 72,10 dengan ketuntasan belajar sebesar 64,52%, dan siklus II nilai rata meningkat menjadi 81,45 dengan ketuntasan belajar sebesar 83,87%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan media Teks Cerita dapat meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas V SD Negeri 1 Kendel, Boyolali pada pembelajaran Bahasa Indonesia tahun 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan memahami isi bacaan, Media Teks Cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2013 07:12
Last Modified: 31 Oct 2021 06:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23590

Actions (login required)

View Item View Item