Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Stad Pada Kelas IV SD Kanisius Pati 02 Tahun 2012/2013

Safon, Safon and , Drs. Mulyadi S.K, M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Stad Pada Kelas IV SD Kanisius Pati 02 Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (526kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11.__NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (785kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk aktivitas dan hasil belajar IPS siswa setelah penerapan metode Student Teams Achievement Division (STAD). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Kanisius Pati 02 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, tes, serta catatan lapangan. Data hasil belajar siswa dianalisa menggunakan teknis analisis diskriptif komparatif, sedangkan motivasi siswa dan aktivitas guru dalam pembelajaran dianalisis menggunakan teknis analisis interaktif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yang meliputi: (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru dalam mengelola pembelajaran semakin meningkat dari semula kurang baik menjadi semakin baik, bahkan sangat baik. Peningkatan aktivitas belajar tersebut berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Pada pra siklus prosentase ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 42,3%. Setelah dilakukan tindakan terbukti prosentase ketuntasan hasil belajar siswa semakin meningkat. Pada siklus I pertemuan 1 prosentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 50,0%, pada pertemuan 2 mencapai 69,2%, Pada siklus II pertemuan 1 mencapai 80,8% dan siklus II pertemuan 2 mencapai 92,3%. Aktifitas belajar siswa meningkat mencapai target yaitu 92,3% Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Kanisius Pati 02, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas dan hasil belajar IPS, metode Student Teams Achievement Division (STAD)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2013 07:00
Last Modified: 03 Nov 2021 06:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23589

Actions (login required)

View Item View Item