Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education Pada Siswa Kelas V SD Negeri 04 Jaten Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Agustina, Sulistyani and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education Pada Siswa Kelas V SD Negeri 04 Jaten Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (799kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 04 Jaten melalui pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 04 Jaten yang berjumlah 35 siswa. Prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, evaluasi, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang terlihat dalam 5 indikator; yaitu sering mengajukan pertanyaan yang berbobot, memberikan gagasan dan usul terhadap suatu masalah, dapat bekerja sendiri, mempunyai pendapat sendiri dan tidak mudah terpengaruh dengan yang lain serta mampu mengembangkan suatu gagasan. Indikator sering mengajukan pertanyaan yang berbobot meningkat dari siklus I 28,57% menjadi 82,86% di siklus II. Indikator memberikan gagasan dan usul terhadap suatu masalah meningkat 31,43% di siklus I menjadi 80% di siklus II. Indikator dapat bekerja sendiri di siklus I sebesar 62,85% meningkat menjadi 85,71% di siklus II. Indikator mempunyai pendapat sendiri dan tidak mudah terpengaruh dengan yang lain meningkat dari 40% di siklus I menjadi 77,14% di siklus II. Sedangkan indikator mampu mengembangkan suatu gagasan meningkat dari 34,29% di siklus I menjadi 82,86% di siklus ke II .Selain peningkatan indikator minat, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu tingkat ketuntasan belajar pra siklus hanya mencapai 46,71% atau 16 siswa, kemudian pada siklus I mencapai 20 siswa atau 57,14%, dan meningkat pada siklus II mencapai 33 siswa atau 94,29%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas belajar, realistic mathematic education.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2013 06:31
Last Modified: 31 Oct 2021 06:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23586

Actions (login required)

View Item View Item