Agustina, Sulistyani and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education Pada Siswa Kelas V SD Negeri 04 Jaten Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (799kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (67kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (174kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 04 Jaten melalui pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 04 Jaten yang berjumlah 35 siswa. Prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, evaluasi, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang terlihat dalam 5 indikator; yaitu sering mengajukan pertanyaan yang berbobot, memberikan gagasan dan usul terhadap suatu masalah, dapat bekerja sendiri, mempunyai pendapat sendiri dan tidak mudah terpengaruh dengan yang lain serta mampu mengembangkan suatu gagasan. Indikator sering mengajukan pertanyaan yang berbobot meningkat dari siklus I 28,57% menjadi 82,86% di siklus II. Indikator memberikan gagasan dan usul terhadap suatu masalah meningkat 31,43% di siklus I menjadi 80% di siklus II. Indikator dapat bekerja sendiri di siklus I sebesar 62,85% meningkat menjadi 85,71% di siklus II. Indikator mempunyai pendapat sendiri dan tidak mudah terpengaruh dengan yang lain meningkat dari 40% di siklus I menjadi 77,14% di siklus II. Sedangkan indikator mampu mengembangkan suatu gagasan meningkat dari 34,29% di siklus I menjadi 82,86% di siklus ke II .Selain peningkatan indikator minat, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu tingkat ketuntasan belajar pra siklus hanya mencapai 46,71% atau 16 siswa, kemudian pada siklus I mencapai 20 siswa atau 57,14%, dan meningkat pada siklus II mencapai 33 siswa atau 94,29%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas belajar, realistic mathematic education. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Apr 2013 06:31 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 06:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23586 |
Actions (login required)
View Item |