Setyaningrum, Firda and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Karya Sastra Melalui Strategi Directed Reading Thinking Activity (Drta) Kelas V SDN Cepokosawit II Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (954kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (710kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2009 yang dirilis untuk mengetahui seberapa besar minat penduduk terhadap dua aktivitas, yaitu menonton dan membaca. Survei dilakukan kepada penduduk yang berusia 10 tahun ke atas. Hasilnya sungguh mengejutkan. Sebesar 90,27 persen penduduk menyukai menonton dan hanya 18,94 persen yang menyenangi aktivitas membaca surat kabar atau majalah. Untuk itulah peneliti menerapkan kebiasaan membaca sedini mungkin khususnya dalam hal ini adalah siswa SD. Peneliti menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) yaitu metode yang populer untuk melibatkan siswa membaca teks narasi untuk memahami isi bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman karya sastra dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi Directed Reading Thinking Activity. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah peneliti dan adalah siswa kelas V SDN CepokoSawit II yang berjumlah 18 siswa. Obyek penelitian adalah membaca pemahaman, karya sastra, directed reading thinking activity. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman karya sastra. Hal ini dapat dilihat dari nilai kemampuan membaca pemahaman karya sastra pada siklus I sebesar 61,11% dan siklus II sebesar 77,77% Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman karya sastra sehingga berdampak pada peningkatkan nilai kemampuan membaca pemahaman karya sastra.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | membaca pemahaman, karya sastra, directed reading thinking activity |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Apr 2013 06:20 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 06:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23585 |
Actions (login required)
View Item |