Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Karya Sastra Melalui Strategi Directed Reading Thinking Activity (Drta) Kelas V SDN Cepokosawit II Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Setyaningrum, Firda and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Karya Sastra Melalui Strategi Directed Reading Thinking Activity (Drta) Kelas V SDN Cepokosawit II Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (954kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (710kB)

Abstract

Berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2009 yang dirilis untuk mengetahui seberapa besar minat penduduk terhadap dua aktivitas, yaitu menonton dan membaca. Survei dilakukan kepada penduduk yang berusia 10 tahun ke atas. Hasilnya sungguh mengejutkan. Sebesar 90,27 persen penduduk menyukai menonton dan hanya 18,94 persen yang menyenangi aktivitas membaca surat kabar atau majalah. Untuk itulah peneliti menerapkan kebiasaan membaca sedini mungkin khususnya dalam hal ini adalah siswa SD. Peneliti menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) yaitu metode yang populer untuk melibatkan siswa membaca teks narasi untuk memahami isi bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman karya sastra dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi Directed Reading Thinking Activity. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah peneliti dan adalah siswa kelas V SDN CepokoSawit II yang berjumlah 18 siswa. Obyek penelitian adalah membaca pemahaman, karya sastra, directed reading thinking activity. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman karya sastra. Hal ini dapat dilihat dari nilai kemampuan membaca pemahaman karya sastra pada siklus I sebesar 61,11% dan siklus II sebesar 77,77% Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman karya sastra sehingga berdampak pada peningkatkan nilai kemampuan membaca pemahaman karya sastra.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, karya sastra, directed reading thinking activity
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2013 06:20
Last Modified: 31 Oct 2021 06:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23585

Actions (login required)

View Item View Item