Hapsari, Yety Dwi and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Pecahan Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV SD N Pundungrejo 03 Tawangsari Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (839kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (205kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (381kB) |
Abstract
Peningkatan pemahaman siswa melalui pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dalam pembelajaran Matematika materi bilangan pecahan pada siswa kelas IV SD N Pundungrejo 03.. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan pecahan pada siswa kelas IV SD N Pundungrejo 03 melalui pedekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisa Data yang digunakan adalah Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verivikasi Data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa. Peningkatan pemahaman terlihat dalam 3 indikator yaitu Kemampuan menyatakan ulang sebuah konsep pada pra siklus dari 4 siswa atau sekitar 28,57%, siklus I pertemuan I meningkat menjadi 6 siswa atau 42,86%, siklus I pertemuan II meningkat lagi 8 siswa atau 57,14%, siklus II meningkat lagi 11 siswa atau 78,57%, dan siklus III meningkat menjadi 13 siswa atau 92,86%. Kemampuan menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur tertentu pada pra siklus dari 8 siswa atau sekitar 57,14%, siklus I pertemuanau I meningkat menjadi 9 siswa atau 64,29%, siklus I pertemuan II lagi 11 siswa atau 78,57%, siklus II meningkat lagi 12 siswa atau 85,71%, dan siklus III meningkat menjadi 13 siswa atau 92,86%. Kemampuan memberi contoh dan bukan contoh pada pra siklus dari 4 siswa atau sekitar 28,57%, siklus I pertemuan I meningkat menjadi 7 siswa atau 50%, siklus I pertemuan II meningkat lagi 8 siswa atau 57,14%, siklus II meningkat lagi 11 siswa atau 78,57%, dan siklus III meningkat menjadi 12 siswa atau 85,71%. Dari hasil perindikator pada siklus I, II dan III, hasil yang dicapai sudah mencapai atau melebihi standar minimal yaitu 80%, dengan hasil tersebut maka penelitian tindakan kelas berhasil. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan pecahan pada siswa kelas IV SD N Pundungrejo 03 tahun ajaran 2012/ 2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Realistic Mathematic Education, Pemahaman |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Apr 2013 06:02 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 06:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23583 |
Actions (login required)
View Item |