Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Pecahan Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV SD N Pundungrejo 03 Tawangsari Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/ 2013

Hapsari, Yety Dwi and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Pecahan Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV SD N Pundungrejo 03 Tawangsari Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (839kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (205kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (381kB)

Abstract

Peningkatan pemahaman siswa melalui pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dalam pembelajaran Matematika materi bilangan pecahan pada siswa kelas IV SD N Pundungrejo 03.. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan pecahan pada siswa kelas IV SD N Pundungrejo 03 melalui pedekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisa Data yang digunakan adalah Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verivikasi Data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa. Peningkatan pemahaman terlihat dalam 3 indikator yaitu Kemampuan menyatakan ulang sebuah konsep pada pra siklus dari 4 siswa atau sekitar 28,57%, siklus I pertemuan I meningkat menjadi 6 siswa atau 42,86%, siklus I pertemuan II meningkat lagi 8 siswa atau 57,14%, siklus II meningkat lagi 11 siswa atau 78,57%, dan siklus III meningkat menjadi 13 siswa atau 92,86%. Kemampuan menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur tertentu pada pra siklus dari 8 siswa atau sekitar 57,14%, siklus I pertemuanau I meningkat menjadi 9 siswa atau 64,29%, siklus I pertemuan II lagi 11 siswa atau 78,57%, siklus II meningkat lagi 12 siswa atau 85,71%, dan siklus III meningkat menjadi 13 siswa atau 92,86%. Kemampuan memberi contoh dan bukan contoh pada pra siklus dari 4 siswa atau sekitar 28,57%, siklus I pertemuan I meningkat menjadi 7 siswa atau 50%, siklus I pertemuan II meningkat lagi 8 siswa atau 57,14%, siklus II meningkat lagi 11 siswa atau 78,57%, dan siklus III meningkat menjadi 12 siswa atau 85,71%. Dari hasil perindikator pada siklus I, II dan III, hasil yang dicapai sudah mencapai atau melebihi standar minimal yaitu 80%, dengan hasil tersebut maka penelitian tindakan kelas berhasil. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan pecahan pada siswa kelas IV SD N Pundungrejo 03 tahun ajaran 2012/ 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematic Education, Pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2013 06:02
Last Modified: 31 Oct 2021 06:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23583

Actions (login required)

View Item View Item