Syarifah, Naili and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Studi Komparasi Antara Strategi Guided Note Taking dengan Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V di SDIT Az-Zahra Sragen Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf Download (823kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (532kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (785kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (588kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (758kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi Guided Note Taking dan Concept Mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VA dan VD SDIT Az-Zahra Sragen yang berjumlah 64 siswa. Obyek penelitian adalah pembelajaran IPS dengan strategi Guided Note Taking dan Concept Mapping Sebelum dilakukan tindakan dilakukan uji keseimbangan diantara kedua kelas tersebut. Instrumen penelitian ini menggunakan soal obyektif. Adapun untuk analisis butir soal terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas soal. Untuk uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas metode Lillefors diperoleh Lhitung < Ltabel. Uji homogenitas menggunakan metode Bartlet diperoleh χ2 hitung < χ2 tabel yaitu 0,3483 < 3,841 yang menunjukkan kedua kelompok memiliki variansi yang homogen Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,328 > 1,999 yang menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar IPS antara strategi Guided Note Taking dengan Concept Mapping. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar IPS, yaitu 82,91 > 72,81 menyimpulkan bahwa siswa kelas VD yang menggunakan strategi Guided Note Taking memperoleh hasil belajar yang lebih baik dari kelas VA yang menggunakan strategi Concept Mapping.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guided Note Taking, Strategi Concept Mapping, Hasil Belajar IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 12 Apr 2013 05:49 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 06:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23568 |
Actions (login required)
View Item |