Pengaruh Model Kooperatif Tipe Talking Stick Dan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Bratan II No. 170 Tahun Ajaran 2012/2013

Hapsari, Dyah Maya and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan S.H, M.Pd (2013) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Talking Stick Dan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Bratan II No. 170 Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_Halaman_Depan.pdf

Download (684kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07_Daftar_pustaka.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_Naskah_Publikasi.pdf

Download (634kB)

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui perbedaan dari penerapan strategi Talking Stick dan strategi Snowball throwing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Bratan II No. 170 Tahun Ajaran 2012/2013. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Strategi Snowball throwing strategi Talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Bratan II No. 170 Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bratan II No. 170 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Jenis penelitian yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas V sebanyak 52 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh atau total sampling. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes obyektif yaitu pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji t-tes. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t-tes terlihat bahwa nilai t hitung > t tabel, sehingga H0 ditolak, hal itu berarti ada perbedaan dari penerapan strategi Talking Stick dan strategi Snowball throwing terhadap hasil belajar IPA materi Gaya Gesek siswa kelas V SD Negeri Bratan II Tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan nilai rata-rata, hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu 84,80 > 75,92, hal itu dapat disimpulkan bahwa Strategi Snowball throwing memberikan pengaruh lebih besar dibandingkan strategi Talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Bratan II No. 170 Tahun Ajaran 2012/2013. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Terdapat perbedaan dari penerapan strategi Talking Stick dan strategi Snowball throwing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Bratan II Tahun ajaran 2012/2013 dan Strategi Snowball throwing memberikan pengaruh lebih besar dibandingkan strategi Talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Bratan II No. 170 Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran Talking Stick, strategi pembelajaran Snowball Throwing, Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Apr 2013 08:50
Last Modified: 31 Oct 2021 06:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23557

Actions (login required)

View Item View Item