Hapsari, Dyah Maya and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan S.H, M.Pd (2013) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Talking Stick Dan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Bratan II No. 170 Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
01_Halaman_Depan.pdf Download (684kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07_Daftar_pustaka.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
08_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
09_Naskah_Publikasi.pdf Download (634kB) |
Abstract
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui perbedaan dari penerapan strategi Talking Stick dan strategi Snowball throwing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Bratan II No. 170 Tahun Ajaran 2012/2013. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Strategi Snowball throwing strategi Talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Bratan II No. 170 Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bratan II No. 170 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Jenis penelitian yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas V sebanyak 52 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh atau total sampling. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes obyektif yaitu pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji t-tes. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t-tes terlihat bahwa nilai t hitung > t tabel, sehingga H0 ditolak, hal itu berarti ada perbedaan dari penerapan strategi Talking Stick dan strategi Snowball throwing terhadap hasil belajar IPA materi Gaya Gesek siswa kelas V SD Negeri Bratan II Tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan nilai rata-rata, hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu 84,80 > 75,92, hal itu dapat disimpulkan bahwa Strategi Snowball throwing memberikan pengaruh lebih besar dibandingkan strategi Talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Bratan II No. 170 Tahun Ajaran 2012/2013. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Terdapat perbedaan dari penerapan strategi Talking Stick dan strategi Snowball throwing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Bratan II Tahun ajaran 2012/2013 dan Strategi Snowball throwing memberikan pengaruh lebih besar dibandingkan strategi Talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Bratan II No. 170 Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran Talking Stick, strategi pembelajaran Snowball Throwing, Hasil Belajar IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Apr 2013 08:50 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 06:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23557 |
Actions (login required)
View Item |