Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dalam Bahasa Indonesia Melalui Metode Peer Teaching Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Karan, Gayamdompo, Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012

Triwigati, Gesang and , Dr. Samino, M.M. and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dalam Bahasa Indonesia Melalui Metode Peer Teaching Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Karan, Gayamdompo, Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (285kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2.naskah_publikasi.pdf

Download (910kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Karan dengan menggunakan metode pembelajaran peer teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. subyek penelitian ini adalah guru siswa kelas IV MI Muhammadiyah Karan Tahun Pelajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan analisa data kuantitatif dan analisa data kualitatif yang dikomparasikan antar siklus. Hasil penelitian ini, data awal kemampuan membaca pemahaman siswa sebesar 40%, hasil belajar membaca pemahaman yang mencapai nilai KKM yaitu ≥ 70 sebanyak 2 siswa dengan rata-rata nilai 52. Pada siklus I hasil kemampuan membaca pemahaman mencapai 60%, hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 6 siswa dengan rata-rata nilai 62. Pada siklus II hasil kemampuan membaca pemahaman mencapai 80% dengan hasil belajar membaca pemahaman siswa yang mencapai KKM sebanyak 10 orang siswa dengan rata-rata nilai 80. Dengan demikian dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran peer teaching dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV MI Muhammadiyah khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sehingga prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, membaca pemahaman, peer teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Apr 2013 07:47
Last Modified: 31 Oct 2021 06:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23555

Actions (login required)

View Item View Item