Candrayani, Novita Aulia and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Analisis Kesesuaian Buku Teks Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Untuk Kelas IV SD Di Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (375kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (237kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian antara buku teks Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk kelas IV SD di Kecamatan Sumberlawang dengan kurikulum, serta untuk menemukan buku teks yang paling sesuai kurikulum. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Objek penelitiannya adalah materi dalam buku teks Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SD yang digunakan di Kecamatan Sumberlawang. Buku teks tersebut yaitu buku teks IPS 4 SD karangan Tantya Hisnu P dan Winardi (BSE), Pengetahuan Sosial untuk Kelas 4 SD karangan Imtam Rus Ernawati dkk terbitan Cempaka Putih, dan buku teks IPS Terpadu untuk Kelas IV SD karangan Tim Bina Karya Guru terbitan Erlangga. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumenter. Analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Buku teks Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas 4 karangan Tantya Hisnu P dan Winardi ini sesuai dengan indikator yang terdapat dalam kurikulum dengan prosentase kesesuaiannya adalah 80,82%; 2) Buku teks Pengetahuan Sosial untuk SD Kelas 4 Karangan Imtam Rus Ernawati dkk terbitan Cempaka Putih dinyatakan kurang baik/kurang sesuai dengan kurikulum, yaitu dengan prosentase 60,27%; 3) Buku teks IPS Terpadu untuk Sekolah Dasar Kelas IV karangan Tim Bina Karya Guru terbitan Erlangga, dinyatakan sangat sesuai dengan indikator dalam kurikulum dengan prosentase 84,93%. Dari ketiga buku teks tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku teks yang paling sesuai dengan kurikulum adalah buku teks yang berjudul IPS Terpadu untuk Sekolah Dasar Kelas IV karangan Tim Bina Karya Guru terbitan Erlangga.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis, buku teks, kurikulum |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Apr 2013 07:22 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 06:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23553 |
Actions (login required)
View Item |