Sudarmi, Sudarmi and , Drs. Hasto Daryanto,M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Media Celemek Cerita Pada Anak Kelompok B Taman Kanak - Kanak ABA Tawangmangu Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (683kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (404kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (631kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah apakah melalui media celemek cerita dapat meningkatkan kemandirian anak pada Taman Kanak-Kanak ABA Tawangmangu Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013, dan Untuk mengetahui peningkatkan kemandirian anak melalui media celemek cerita pada anak TK ABA Tawangmangu Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B yang berada di Taman Kanak-Kanak ABA Tawangmangu Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara mendalam observasi partisipan, dokumentasi dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa Kemandirian anak pada Taman Kanak-Kanak ABA Tawangmangu Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 pada siklus I siswa yang tuntas ada 6 anak dari 22 anak (27,27 %), sedangkan yang belum tuntas ada 6 anak dari 22 anak (72,73 %). 2 Pada siklus II Siswa yang tuntas ada 17 anak dari 22 anak (77,3 %), sedangkan yang belum tuntas ada 5 anak dari 22 anak (22,7%). 3 Kemandirian anak pada siklus III siswa yang telah tuntas ada 22 anak dari 22 anak (100 %), sedangkan yang belum tuntas ada 0 anak dari 22 anak (0 %), Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui media celemek cerita sehingga dapat meningkatkan kemandirian anak pada Taman Kanak-Kanak ABA Tawangmangu Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Anak, Media Celemek Cerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Apr 2013 07:10 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23552 |
Actions (login required)
View Item |