Amini, Zulhamidah and , Drs. H. Hasto Daryanto, M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Permainan Estafet Air Pada Anak Kelompok B Di TK Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (704kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (114kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (624kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok B di TK Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013 melalui permainan estafet air. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian yang menjadi subjek ini adalah anak didik kelompok B di TK Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 20 anak , terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tahap tindakan, pengamatan, refleksi. Data kecerdasan interpersonal anak dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah diskriptif komparatif yaitu membandingkan kecerdasan interpersonal anak dengan indikator kinerja pada setiap siklus, dan analisis interaktif yaitu mengkroscek hasil observasi pembelajaran setiap siklus dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil sebesar 35.62%, siklus I mencapai 58.27% kenaikan prosentase sebesar 22.65% dan siklus II mencapai 81.71%. dan kenaikan prosentase siklus I ke siklus II adalah sebesar 23.44% berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui permainan estafet air dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak di TK Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan estafet air, kecerdasan interpersonal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 10 Apr 2013 12:35 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23547 |
Actions (login required)
View Item |