Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Permainan Estafet Air Pada Anak Kelompok B Di TK Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013

Amini, Zulhamidah and , Drs. H. Hasto Daryanto, M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Permainan Estafet Air Pada Anak Kelompok B Di TK Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (704kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (624kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok B di TK Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013 melalui permainan estafet air. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian yang menjadi subjek ini adalah anak didik kelompok B di TK Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 20 anak , terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tahap tindakan, pengamatan, refleksi. Data kecerdasan interpersonal anak dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah diskriptif komparatif yaitu membandingkan kecerdasan interpersonal anak dengan indikator kinerja pada setiap siklus, dan analisis interaktif yaitu mengkroscek hasil observasi pembelajaran setiap siklus dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil sebesar 35.62%, siklus I mencapai 58.27% kenaikan prosentase sebesar 22.65% dan siklus II mencapai 81.71%. dan kenaikan prosentase siklus I ke siklus II adalah sebesar 23.44% berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui permainan estafet air dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak di TK Desa Bugel Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permainan estafet air, kecerdasan interpersonal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 10 Apr 2013 12:35
Last Modified: 22 Oct 2021 02:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23547

Actions (login required)

View Item View Item