Hastuti, Dwi and , Aryati Prasetyarini, Mpd (2013) Pengembangan Ketrampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce (Penelitian Pada Anak Kelompok B TK Mojodoyong I, Kedawung, Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (645kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (227kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (974kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui pengembangan ketrampilan motorik halus anak melalui kegiatan meronce kelompok B TK Mojodoyong I, Kedawung, Sragen Tahun Pelajaran 2012-2013 dan untuk mengetahui berapa besar keberhasilan implementasi dengan kegiatan meronce dapat mengembangkan ketrampilan motorik halus anak kelompok B TK Mojodoyong I, Kedawung, Sragen Tahun Pelajaran 2012-2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara analisis komparatif dengan membandingkan kemampuan anak dengan indicator kinerja pada setiap siklus, dan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dilakukan dalam bentuk interaktif dengan pengumpulan data sebagai suatu proses siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pengembangan ketrampilan motorik halus anak kelompok B TK Mojodoyong I, Kedawung, Sragen melalui kegiatan meronce. Sebelum dilakukan tindakan (pra siklus) sampai siklus III yaitu sebelum tindakan 52%, siklus I hasilnya 67,4%, siklus II 78,5% dan siklus III 89%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah melalui kegiatan meronce dapat mengembangkan ketrampilan motorik halus anakkelompok B TK Mojodoyong I, Kedawung, Sragen Tahun Pelajaran 2012-2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ketrampilan motorik halus dan meronce |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 10 Apr 2013 12:17 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23544 |
Actions (login required)
View Item |