Penggunaan Metode Proyek Untuk Mengembangkan Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok A Di TK Widyapura, Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2012–2013

NURIA, RATRI and , Dr. Darsinah, M.Si (2013) Penggunaan Metode Proyek Untuk Mengembangkan Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok A Di TK Widyapura, Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2012–2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan sosial khususnya kerjasama pada anak kelompok A di TK WIDYAPURA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek yang diteliti adalah anak kelompok A di TK WIDYAPURA LAWEYAN SURAKARTA. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data anak dan data guru, data yang berasal dari anak yaitu observasi tentang kemampuan kerjasama melalui metode proyek sedangkan data yang berasal dari guru berupa observasi pembelajaran dengan menggunakan metode proyek. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode proyek dapat mengembangkan kerjasama anak, terbukti dari hasil penelitian tiap siklusnya mengalami peningkatan yaitu sebelum dilakukan tindakan rata-rat kelas mencapai 40%, setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 sebesar 67,29%, siklus II sebesar 88,95%, dan siklus III sebesar 92,7%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode proyek dapat mengembangkan kemampuan kerjasama anak kelompok A di TK WIDYAPURA Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kerjasama, metode proyek
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 10 Apr 2013 11:42
Last Modified: 22 Oct 2021 02:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23536

Actions (login required)

View Item View Item