Handayani, Dewi Retno and , Drs. M. Djaelani, M. Pd. (2013) Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Sikap Sopan Santun Pada Anak Kelompok B Di Paud TPQ Daarul Furqon Karanggeneng Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (937kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (48kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (598kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan sikap sopan santun pada anak di PAUD TPQ Daarul Furqon Karanggeneng Boyolali. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan anak dari siklus I sampai dengan siklus III. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B PAUD TPQ Daarul Furqon Karanggeneng Boyolali dengan siswa satu kelas yang berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam sikap sopan santun anak melalui metode bermain peran. Pada prasiklus diperoleh porsentase ketuntasan 19,1%, sedangkan prosentase yang belum tuntas sebesar 81% pada prasiklus ini hanya 4 anak yang dinyatakan tuntas dengan rata-rata nilai 2,3. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I, siklus II, dan siklus III prosentase ketuntasan dalam meningkatkan sikap sopan santun meningkat menjadi sebesar 52,4%, belum tuntas 47,6% yaitu terdapat 11 anak, dengan rata-rata nilai 2,5 dan siklus II terdapat 15 anak yang memenuhi kriteria ketuntasan meningkat menjadi sebesar 71,4%, belum tuntas 28,6%, dengan rata-rata nilai 2,9 dalam siklus III sudah mencapai kriteria ketuntasan dengan prosentase dalam meningkatkan sikap sopan santun anak sebesar 90,5%, belum tuntas 9,5% terdapat 19 anak dengan rata-rata nilai 3,6. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pada siklus I, II, III dalam metode bermain peran dapat meningkatkan sikap sopan santun anak pada kelompok B di Paud TPQ Daarul Furqon Karanggeneng Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode bermain peran, meningkatkan sikap sopan santun anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 10 Apr 2013 11:16 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 22:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23531 |
Actions (login required)
View Item |