Peningkatan Kemandirian Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (PTK Bagi kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 8 Surakarta)

Sunarni, Tri and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Peningkatan Kemandirian Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (PTK Bagi kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 8 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (813kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (813kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (615kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemandirian dan kemampuan memecahkan masalah matematika pada pokok bahasan himpunan setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang berjumlah 25 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan dibantu guru matematika kelas VIIA. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan kemampuan memecahkan masalah matematika pada pokok bahasan Himpunan. Hal ini dapat dilihat dari 1) Kemandirian siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 28% dan setelah dilakukan tindakan menjadi 60%. 2) Kemandirian mengerjakan tugas individu sebelum tindakan 80% dan setelah dilakukan tindakan menjadi 100%. 3) Kemampuan siswa dalam menyelesaiakn masalah matematika pada saat diskusi sebelum tindakan 12% dan setelah dilakukan tindakan 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan pendekatan CTL kemandirian dan kemampuan memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: contextual teaching and learning, kemandirian, kemampuan memecahkan masalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Apr 2013 10:28
Last Modified: 01 Nov 2021 20:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23527

Actions (login required)

View Item View Item