Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VII SMP negeri 2 sawit boyolali tahun ajaran 2012/2013

Widyawati, Widyawati and , Prof.Dr.Yetty Sarjono,M.Si and , Dr.Sabar Narimo, M.M., M.Pd. (2013) Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VII SMP negeri 2 sawit boyolali tahun ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (268kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (362kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRANN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh profesionalisme guru dengan prestasi belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. 2) pengaruh kemandirian belajar dengan prestasi belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. 3) pengaruh profesionalisme guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Sampel diambil sebanyak 131 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 66,515 + 0, 118 X1 + 0, 094 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh profesionalisme guru dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh profesionalisme guru dengan prestasi belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,997 > 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,017 dengan sumbangan efektif sebesar 21,2%. 2) “ Ada pengaruh kemandirian belajar dengan prestasi belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,675 > 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,019 dengan sumbangan efektif sebesar 16,6%. 3) “ Ada pengaruh profesionalisme guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 5,407 > 3,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,006. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,378 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh profesionalisme guru dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar adalah sebesar 37,8%, sedangkan 62,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme guru, Kemandirian belajar, Prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Apr 2013 06:46
Last Modified: 28 Oct 2021 05:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23517

Actions (login required)

View Item View Item