Sari, Dwi Ria Anita and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Perbedaan Hasil Belajar IPS Antara Kelas Yang Diajar Menggunakan Strategi Kartu Arisan Dengan Kelas Yang Diajar Menggunakan Strategi Take And Give Pada Siswa Kelas V SD Al Islam 3 Gebang Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (221kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (700kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (871kB) |
Abstract
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian kuantitatif menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistika. Penelitian eksperimen adalah metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPS antara penerapan strategi kartu arisan dengan strategi take and give pada siswa kelas V SD Al Islam 3 Gebang Surakarta serta untuk mengetahui manakah yang lebih besar pengaruhnya terhadap hasil belajar IPS antara strategi akrtu arisan dengan strategi take and give pada siswa kelas V SD Al Islam 3 Gebang Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Subyek dalam penelitian ini adalah semua kelas V SD Al Islam 3 Gebang Surakarta tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas Va dan kelas Vb. Dalam penelitian ini kelas Va dikenai perlakuan dengan menggunakan strategi kartu arisan, sedangkan kelas Vb dikenai perlakuan dengan menggunakan strategi take and give. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik tes dan dokumentasi. Tehnik analisis yang digunakan adalah uji t yang sebelumya dilakukan uji prasyarat analisis dengan melakukan uji normalitas. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) Ada perbedaan hasil belajar IPS antara penerapan strategi kartu arisan dengan strategi take and give dapat dibuktikan dengan thitung˃ ttabel yaitu 2.069˃1.995. (2) Strategi pembelajaran kartu arisan memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar IPS siswa dibandingkan dengan strategi take and give. Dibuktikan dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas Va yang belajar dengan strategi kartu arisan lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas Vb yang belajar dengan strategi take and give, yaitu : 75.53˃71.66.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi kartu arisan, strategi take and give, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 08 Apr 2013 12:04 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 05:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23500 |
Actions (login required)
View Item |